Take a Leak

October 22, 2008

RI-1 Goes Bike2Work

Filed under: Bike to Work — takealeak @ 4:34 am
Tags: ,

Dalam rangka pencanangan Gerakan Penghematan Energi Nasional, merupakan kehormatan bagi Komunitas B2W Indonesia karena gerakannyalah yang pertama kali terlintas di pikiran seorang Presiden RI untuk menjadi gerakan yang sangat relevan dan patut disosialisasikan.

Untuk itu, Presiden RI, Bp. Susilo Bambang Yudhoyono beserta jajaran menteri Kabinet Bersatu secara khusus mengundang Komunitas B2W Indonesia untuk bersama-sama melakukan “Kampanye Bersepeda Untuk Beraktivitas”  pada hari Jumat, 20 Juni 2008.

Seperti dikutip dari website resmi Presiden SBY , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan Ibu Negara Ani Yudhoyono bersama beberapa menteri hari Jumat (20/6) pukul 06.30 pagi, berangkat menuju Monumen Nasional dengan menggunakan sepeda tandem. Dalam rombongan SBY tampak antara lain Mensesneg Hatta Rajasa, Menpora Adhyaksa Dault, Menristek Kusmayanto Kadiman, Menhub Jusman Sjafii Djamal, Menneg LH Rachmat Witoelar, Mendag Mari Elka Pangestu, Seskab Sudi Silalahi dan Juru Bicara Presiden Andi A. Mallarangeng.

Jalanan masih terlihat lengang ketika Presiden beserta seluruh rombongan berangkat menuju Monas melalui kawasan Medan Merdeka Barat. Sesampainya di Silang Monas Barat Daya, SBY beserta rombongan kemudian bergabung dengan tim Bike2Work yang dipimpin oleh Ketua Umum Bike2Work Toto Sugito. Mereka kemudian langsung bersepeda bersama melalui rute Pintu Silang Monas Barat Daya – Area Monas – Pintu Silang Monas Tenggara – Jalan Ridwan Rais – Jalan Medan Merdeka Utara, kemudian melalui Pintu Air Mancur Sekretariat Negara untuk masuk menuju kawasan halaman tengah Istana Kepresidenan.

“Yes, we are more healthy with Bike2Work,” ujar Presiden SBY sesampainya di kawasan Sekretariat Negara. Ketua Umum Bike2Work menyerahkan bingkisan foto Bike to Work berukuran 70 cm x 40 cm kepada Presiden SBY. Foto tersebut sangat unik, karena merupakan gambar stasiun pompa bensin yang tidak berisikan bensin, namun berisikan air. Air tersebut dimaksudkan agar dapat menjadi bahan bakar bagi para “bikers”.

Ketua Umum Bike2Work mengungkapkan bahwa seluruh anggotanya terdiri dari office boy hingga pemilik perusahaan, sangat bersyukur karena bisa bersepeda bersama dengan Presiden dan diterima di Istana. “Kami juga berharap Presiden SBY dan para menteri akan mendukung kegiatan kita ini sehingga cita-cita kami akan tercapai,” ujar Toto. Sebelumnya, dijelaskan oleh Toto bahwa seluruh anggota Bike2Work sangat concern pada lingkungan karena tingkat polusi yang semakin tinggi dan banyak sekali kemacetan di Jakarta. Oleh karena itu, muncul inisiatif dari para anggota untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Usai bersepeda bersama, Presiden SBY dan Ibu Negara menjamu seluruh anggota Bike2Work dengan sarapan pagi khas Istana yang menghadirkan berbagai panganan kaki lima seperti bubur ayam, tahu goreng, tempe goreng, aneka rebus-rebusan dan aneka buah-buahan(mit)

Semoga langkah ini dapat diikuti oleh rekan-rekan Komunitas B2W di wilayah-wilayah luar Jakarta bersama dengan pemerintah daerah masing-masing. Komunitas ini beraksi langsung tanpa banyak berucap. Bukan hanya berucap tanpa melakukan tindakan nyata. Planet tua kecil bernama bumi ini sedang sekarat dan tidak butuh wacana. Dengan “menyelamatkan” diri sendiri melalui usaha meningkatkan kesehatan sambil melakukan penghematan, anggota komunitas ini secara langsung berkontribusi nyata untuk menyelamatkan bumi.

Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia pada kesempatan ini juga memohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat umum apabila pada hari Jumat pagi tersebut beberapa ruas jalan ibukota menjadi tersendat akibat lebih dari 1000 orang pekerja bersepeda melakukan konvoy bersepeda. Semoga apa yang dilakukan komunitas ini tidak menimbulkan pandangan negatif dari segenap warga ibukota yang terkena dampak kemacetan karena secara murni tujuan komunitas ini  adalah gerakan moral demi tercapainya diri yang sehat serta terciptanya udara bersih dan lingkungan yang lestari.

Kepada seluruh rekan2 pekerja bersepeda yang pagi tersebut menyertai RI-1 bersepeda bersama, tiada kalimat yang dapat menggambarkan rasa syukur, haru dan terima kasih pengurus komunitas atas kesertaannya. Semoga apa yang secara ikhlas kita lakukan bersama pagi itu menjadi tonggak sejarah bagi terwujudnya apa yang kita semua cita-citakan, yaitu terciptanya  fasilitas bagi pengguna sepeda, seperti juga didukung oleh orang no. 1 negeri ini. Pengurus Komunitas B2W Indonesia juga memohon maaf atas segala kekurangan yang ada pada pelaksanaan perhelatan ini. Dengan segala keterbatasan yang ada pada kemampuan dan sumber daya pengurus, disadari bahwa tentu banyak kekurangan dan kelemahan yang timbul sehingga tentunya akan sulit memuaskan banyak pihak secara sempurna.

Pagi itu komunitas ini telah menggebrak Jakarta.
Pagi itu komunitas ini diterima di halaman istana, area yang memiliki nilai sejarah seperti diucapkan oleh Bapak Presiden. Area yang biasanya digunakan untuk resepsi kenegaraan, tempat diterimanya tamu2 kehormatan dan orang2 yang berprestasi di negeri ini dalam rangka mengharumkan nama bangsa.
Pagi itu rasa haru dan bangga memenuhi rongga dada para pekerja bersepeda negeri ini karena apa yang dilakukan didukung penuh oleh presiden negaranya.
Pagi itu tonggak sejarah baru komunitas B2W Indonesia telah terpancang.

Untuk diri,
Untuk bumi,
Untuk generasi penerus.

(Dikutip dari situs http://www.b2w-indonesia.org.id)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: